Pages

Selamat Datang Di Blog We Are Separo!

Minggu, 18 Agustus 2013

Pemahaman Diri Remaja

Remaja merupakan masa dimana anak-anak sudah beranjak dewasa, berkisar 12-18 tahun.
A. Keunikan Diri Remaja
Berbicara tentang remaja memang selalu menarik semua perhatian kalangan. Tidak hanya karena remaja merupakan sosok unik ketika melewati fase perubahan fisik namun juga dari perubahan non fisik yang penuh gejolak, potensi dan kedinamisan. Masa remaja adalah masa pembelajaran, karena itu jika kita salah bergaul maka kita akan terjerumus kedalam hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. Dalam proses pencarian jati diri remaja membutuhkan kemandirian yang meliputi :
  • Perilaku mampu berinisiatif
  • Mampu mengatasi hambatan atau masalah
  • Mempunyai rasa percaya diri dan dapat melakukkan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain
B. Perubahan Fisik Remaja
Pada masa remaja seluruh tubuh mengalami perubahan, baik luar maupun dalam tubuh. Diantaranya perubahan-perubahan fisik itu adalah perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin primer dan ciri-ciri kelamin sekunder
C. Perubahan Psikis
Perubahan psikologis dapat terjadi antara lain akibat dari perubahan-perubahan fisik. Diantara perubahan-perubahan fisik itu yang terbesar pengaruhnya pada perkembangan jiwa remaja adalah pertumbuuhan tubuh, mulai berfungsinya alat-alat reproduksi dan tumbuhnya tanda-tanda kelamin sekunder. Perubahan fisik selalu disertai oleh perubahan sikap dan perilaku. Keadaan ini sering menjadi parah kerena perbedaan sikap orang-orang disekelilingnya dan sikapnya sendiri dalam menanggapi perubahan fisik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar